Selasa, 20 Juli 2010

Button Dukung Balap Jalanan Moskow


Monte Carlo, (Analisa).

Pembalap F1 McLaren Mercedes Jenson Button (kanan) berdiri di mobil Marcedes (latar depan) sebelum dimulai perlombaan 2010 Bavaria Moskow City di Lapangan Merah Moskow, Minggu.

CEO Formula One (F1) Bernie Ecclestone mempertimbangkan mencoret GP Monaco dari kalender ajang jet darat di musim mendatang. Penyelenggaraan ajang jet darat telah diagendakan di Monaco sejak tahun 1955 silam.

Namun, agenda ini akan segera dihapuskan karena pihak kerajaan tidak membayar sejumlah uang yang cukup. Padahal, setiap negara yang menjadi tuan rumah diharuskan membayar sekitar 24 juta euro. Sayang, pihak Monaco tidak bersedia untuk membayar dari jumlah yang disebutkan.

Praktis, kemungkinan besar, GP Monaco akan dihapuskan ketika Ecclestone mulai mencari negara baru sebagai tempat penyelengara F1 untuk memaksimalkan agenda balapan di 20 negara. “Saya rasa kemungkinan F1 tanpa Monaco lagi. Pasalnya, mereka tidak membayar dengan cukup,” ujar Ecclestone yang merupakan supremo dari F1 dikutip planet-f1 Senin (19/7).

Kendati demikian, India dan Amerika menjadi kandidat untuk menggelar balapan dua tahun mendatang.Ecclestone melihat Monaco bukan satu-satunya balapan di Eropa yang terancam. “Negara-negara Eropa harus membayar lebih banyak uang atau kami beralih ke yang lain,” tandas pria 79 tahun itu.

Dukung

Sementara itu pembalap Jenson Button kini tengah berada di Moskow. Dalam kesempatan berada di ibukota Rusia itu, Button menyempatkan diri berkendara berkeliling kota dan tercetuslah ide agar F1 menggelar balapan jalanan di Moskow. "Ini bukan hari untuk bekerja, ini adalah hari untuk bersantai," ujar Button kepada Reuters usai berkendara mengitari Tembok Kremlin.

Juara F1 tahun lalu ini tampak menikmati jalan-jalannya menyusuri tembok yang membentengi Lapangan Merah dan Katedral St Basil tersebut. Maka, kemudian tercetuslah ide darinya. Selain kagum dengan Tembok Kremlin, Button juga menyukai pemandangan kota Moskow yang indah. Ia pun menyebut, tak ada salahnya F1 dihelat di Moskow.

"Saya selalu ingin berkunjung ke Moskow. Saya belum terlalu banyak melihat kota ini karena kami baru sampai dua hari yang lalu." "Adalah ide yang bagus jika kita mengadakan grand prix di sini karena saya ingin kembali lagi ke sini," tukasnya. Saat ini Direktur Umum Bavaria Moscow City Racing (BMCR), Derk Sauer, memang tengah merencanakan untuk menghelat F1 di Moskow.

Bahkan mereka telah mengajukan proposal kepada bos F1 Bernie Ecclestone. Rencananya, balapan di Moskow akan menjadi balapan dengan trek jalan raya seperti Monaco. "Kontrak dari balapannya belum disepakati, tetapi kami sudah sangat dekat. Ini akan seperti Monako, balapan mengelilingi kota dengan Kremlin menjadi latarnya," tukas Sauer.(oz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar