Rabu, 16 Juni 2010

Spanyol VS Swiss

Babak I Spanyol Vs Swiss: Gunung Es Tahan Serudukan Matador

Meski tanpa penyerang andalannya, Torres, Spanyol memulai babak pertama dengan penuh percaya diri.

Lima menit berlalu, penguasaan bola sepenuhnya ada di tangan anak-anak matador. Tetapi belum ada satupun peluang yang benar-benar membahayakan gawang Swiss.

Sebuah peluang bagus diciptakan Silwa di menit 17. Tendangan kerasnya dari sisi kiri kotak pinalti bisa saja menjadi gol andai kiper Swiss, Diego Benaglio, tidak mengatisipasinya dengan baik.

Swiss yang tidak mau didikte oleh para matador mencoba membangun serangan. Namu sayang hampir semua serangan mereka bisa dikandaskan oleh Spanyal sebelum mencapai kotak pinalti.

Ketatnya pertahanan ala gunung es Swiss, sedikit merepotkan anak-anak matador. Pada menit 21, Iniesta bahkan memaksakan sebuah tembakan jarak jauh yang jatuh tepat ke pelukan kiper.

Benaglio kembali menunjukkan aksi brilian di menit 23. Pique yang menerima umpan terobosan Iniesta, berhasil mengecoh satu pemain lawan sebelum berhadapan satu lawan satu dengan Benaglio. Namun duel ini dimenangkan oleh sang kiper sehingga skorpun tidak berubah 0-0.

Sekali lagi Spanyol membuang peluang emas yang didapatkannya di menit 31. Sebuah tendangan bebas tepat di luar kotak pinalti hanya menghasilkan sepak pojok akibat eksekusi yang jelek dan membentur dinding pertahanan lawan.

Menit 34 Swiss mengalami sebuah pukulan berat. Bek andalan mereka, Philip Senderos, mengalami cidera dan tidak dapat melanjutkan permainan sehingga harus digantikan oleh Steve Von Bergen.

Pertahanan gunung es Swiss terbukti ampuh menahan laju serudukan para matador. Meski terus dibombardir, tak sedikitpun celah yang dibuka untuk Spanyol.

Peluit panjang tanda babak pertama usai telah ditiupkan wasit, namun Spanyol tetap tidak sanggup meretakkan kokohnya gunung es Swiss. Babak pertama ditutup dengan skor 0-0 bagi kedua tim.

Babak II Spanyol Vs Swiss: Gunung Es Patahkan Tanduk Sang Matador

Pertandingan dibuka dengan sebuah aksi menawan David Silva yang mengecoh pertahanan Swiss. Aksinya menghasilkan sebuah tendangan sudut bagi Spanyol di menit-menit awal pertandingan.

Sebuah kejutan dihasilkan Swiss di menit 51. Melalui umpan langsung dari kiper Benaglio, bola jatuh ke kaki Blaise Nkufo.

Berhadapan dengan kiper dan satu pemain bertahan Spanyol, Nkufo berhasil membuat kemelut di muka gawang. Bola kemelut dengan cepat disambar Gelson Fernandes, yang langsung memasukkannya ke gawang matador.

1-0 Swiss memimpin pertandingan melawan tim favorit juara, Spanyol.

Dalam kejadian kemelut Gerard Pique mengalami luka di samping matanya. Hal ini diakibatkan dia ikut berjibaku dengan kiper menghalau bola dari kaki Nkufo.

Spanyol terus menekan pertahanan Swiss untuk menyamakan keadaan. Namun tebalnya pertahanan gunung es Swiss, dan kurang tenangnya anak-anak matador dalam penyelesaian membuat semua peluang terbuang percuma.

Menit 61 kembali serangan Spanyol hanya membuahkan teriakan kecewa pendukungnya. Tendangan dari luar kotak pinalti Iniesta hanya melipir tipis di kanan gawang Benaglio.

Menit 67 Spanyol membuka peluang lewat Fernando Torres yang masuk menggantikan Sergio Busquets. Tinggal berhadapan dengan satu bek dan kiper, Torres melambungkan bola terlalu tinggi.

Semenit kemudian Xabi Alonso hampir menyamakan kedudukan untuk timnya. Sayangnya tendangan Xabi dari luar kotak pinalti masih menemui angkuhnya mistar gawang Swiss.

Swiss kembali menunjukkan ancaman bagi gawang Spanyol di menit 73. Setelah melakukan kerjasama satu dua, Eren Derdiyok lalu mengecoh dua bek Spanyol di kotak pinalti sebelum menyontek indah bola ke gawang melewati Casillas. Namun apa nyana, tiang gawang mementahkan permainan indah Derdiyok.

Jesus Nava membalas aksi Derdiyok dengan sebuah tendangan keras dari luar kotak pinalti beberapa menit kemudian. Namun tendangannya hanya menoreh tipis di samping kiri gawang.

Menit 80 Tranquillo Barneta melakuakn aksi tembakan dari luar kotak pinalti yang jarang dilakukan oleh anak-anak Swiss. Meski masih tipis di atas gawang, tendangan tersebut sempat membuat penonton menahan nafas.

Sepuluh menit sisa pertandinga Spanyol terus menekan pertahanan Swiss. Namun hingga peluit panjang berbunyi merka gagal mencetak gol penyeimbang.

Pertandingan berakhir dengan skor 1-0 untuk Swiss. Pasukan negeri salju berhasil mengalahkan tim favorit juara, Spanyol.

Bravo Swiss
Semoga Swiss Memenangkan Piala Dunia 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar